Sabtu, 08 September 2012

cerita pendek :: siapa yang mau ngerti 5


Siapa yang mau ngerti? 5
Oleh: Aminatur Rohmah

        Tampaknya musim hujan telah mempengaruhi kualitas tidur Ara, buktinya hari ini dia telat masuk kuliah karena habis subuh ia tidur lagi. dan karena diluar gerimis yang tampaknya awet membuat Ara semakin pulas untuk tidur.

        Dengan melewati segala jenis jalan yang basah oleh genangan air hujan, Ara tetap berangkat kul meskipun tau dia akan telat. Sesampainya di kampus. Rupanya keberuntungan sedang berpihak kepadanya karena ternyata dosen belum dateng padahal sebenernya Ara udah telat 15 menit. Mungkin karena gerimis sejak pagi, jadi dapat mempengaruhi aktifitas orang-orang pagi ini.
“hah.. untung dosen belum dateng. Aku kira bakal telat tau gak..” kata Ara ama temennya.
“iya nih, kog belum ya? Biasanya Pak Santosa kan on time, moga aja kosong. Hahaha..”
“maunya... , tapi aku juga pengen kosong sih. Hehe, . dingin-dingin gini enaknya tuh tidur dirumah ato nonton FTV sambil di temenin teh manis anget. Wah mantep yach.. ,”
namun itu hanya sebatas khayalannya Ara doank , karena tak lama kemudian si dosen yang di tunggu-tunggu akhirnya muncul. Sehingga dengan lapang dada anak-anak kuliahan itu harus menerima fakta ini. haha.
        Karena hari ini seharian langit mendung dan sesekali gerimis, sebenernya Ara pengen langsung pulang, biar bisa tiduran. Tapi gak tau kenapa dia malah males. Dan pengen jalan-jalan dulu, mumpung gak panas. Lagian dia juga bawa payung. Jadi santai. Jadinya, Ara memutuskan untuk jalan-jalan ke Taman KB, karena disitu deket kampus dan tempatnya asik wat jalan-jalan dan nongkrong.
        Ketika Ara tengah asik duduk dan sibuk dengan pikirannya sendiri. Ia dikejutkan oleh getar telpon dari hapenya. Ternyata dari Ari.
        Ari : kamu sekarang lagi dimana Ra?
        Ara : aku di taman kb nih. Kenapa Ri?
        Ari: aku kesana sekarang ya? Males nih mo langsung pulang kerumah.
        Ara : oh, oke..
Tau kalo bentar lagi Ari bakal datang, entah kenapa tiba-tiba Ara jadi deg-degan. Dia inget banget kalo belakangan sikap Ari tuh gimana gitu. Dia jadi mikir jangan-jangan habis ini mo ditembak? Ah masa’ iya? Gak usah ge-er dulu deh, batinnya dalam hati.
        Tak lama setelah Ara sibuk dengan percakapan batinnya, Ari datang dengan ekspresi yang mungkin bisa dibilang agak grogi yang dibetah-betahin. Bayangin deh ekspresi kayak gitu. Pasti aneh-aneh gimana gitu.
“Ri, ekspresi kamu kog kayak orang yang gak bisa pup tiga hari sih? Hahaha..” canda Ara ketika Ari udah duduk disampingnya.
“ah kamu bisa aja Ra. Gak kog biasa aja. ,” lalu Ari buru-buru memasang wajah se-BIASA mungkin walopun masih terlihat DIKIT grogi.
“biasa ya? .. oh i see. ,,apa kabar kamu hari ini?”
“baik . kamu?”
“idem..”


Cerpen remaja


        Jam 12-an Ara udah sampe dirumah setelah tadi ngobrol-ngobrol ama Ari di taman KB. Habis itu seperti biasa, setelah rapi-rapi Ia segera siap-siap untuk nonton FTV siang. Kali ini judulnya “22 tanda cinta” , pemainnya oke-oke. Setting tempatnya juga cihuy. Kalo nonton yang ada hubungannya tentang c.i.n.t.a kayak gitu, Ara jadi inget Ari. Gak tau tuh napa tiba-tiba yang diinget malah si Ari, .
        Bagi Ara cowok itu si Ari maksudnya, orangnya tu ngangenin. Tatapan mata dan senyumnya itu loh yang bikin orang gak bisa lupa. Sungguh deh.. Ara hampir gak bisa trima fakta bahwa mereka beda agama. Sangat disayangkan batinnya.
        Sebenernya pertemuan di taman KB tadi si Ari mo mengungkapkan perasaannya ke Ara, tapi yach..karena berbagai alasan ala remaja yang gak begitu jelas, Ari jadi mengurungkan niatnya. Masih mencoba mencari waktu yang tepat dimana dia sudah siap. Siap dengan segala resikonya.

Sorenya...
hujan deras mengguyur kota Semarang dengan anggun. Ara menikmati hal itu. dia suka sekali hujan. Namun,hari ini hujan telah membuatnya ingin tidur. Tanpa pikir panjang ia memutuskan untuk memejamkan matanya. Tapi tiba-tiba ia malah inget Ari. Hoaaah... kenapa hari ini serba Ari siiiih? Batinnya heran dengan dirinya sendiri.


cerpen remaja

        hari ini Ara kuliah agak siang yaitu jam 10. Pagi ini ia hepi karena melihat ortunya tampak lebih akur dan sedang duduk tenang di ruang makan.
“pa..ma.. , pulang kapan?”
“tadi malem Ra.. , oya sini. , papa dan mama mau ngomong sama kamu” kata sang ayah.
“gini.. , papa dan mama memutuskan untuk berpisah.. tapi kami akan berpisah dengan baik-baik”
“apaaa?? Kenapa harus mengambil keputusan kayak gitu pa..ma? apa udah gak ada jalan keluar yang lain?”
“mama dan papa udah gak bisa satu lagi sayang. . “
“tapi kenapa ma?” Ara mulai menangis. Suaranya bergetar.
Mamanya menghembuskan napas pelan. “Ara, kadang ada sesuatu yang tidak perlu di jelaskan panjang lebar dengan kata-kata. Ini masalah hati dan mama harap kamu bisa mengerti dengan hatimu bahwa mama dan papa udah gak bisa jadi suami istri lagi..”
Jedderrrr.. seperti suara petir yang tiba-tiba menggelegar. Seketika hati Ara hancur. Tidak menyangka, pagi yang dikiranya adalah pagi yang indah.. ternyata pagi kelabu yang mungkin akan terus diingatnya. Hatinya bener-bener kacau.
Ara berlari menuju kamar. Mengurungkan niatnya untuk sarapan. Sendiri ia menangis dan tak ingin di ganggu oleh siapa pun. Papa dan mama nya udah sampe di depan kamar nya.
“Ara, ini sudah keputusan papa dan mama. Kami harap kamu bisa menerimanya”
Papa dan mama Ara segera pergi karena mereka harus berangkat kerja. Rupanya, mereka pagi-pagi berkumpul hanya untuk membicarakan tentang perceraian? Ini gak adil. Pikir Ara masih sulit menerima fakta yang harus diterimanya pagi ini.
        Ia bahkan gak mud kuliah hari ini. ia ingin sendiri... dikamarnya. , .

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar