Sabtu, 22 September 2012

cerpen "Brand New Day 1"


Brand New Day
1
By: Rohmah Cipzz

        Dijaman yang lagi banyak-banyak nya kata2 galau ini. tentu aja ada sosok anak remaja yang selalu galau. Seakan mungkin hidup tiada warna tanpa merasa galau. Orang yang menghindari dirinya galau , pasti hidupnya gitu2 aja. Gak seru. Masa remaja emang masa yang paling luar biasa. Disitu kita berjuang menemukan jati diri, proses menuju dewasa, menghadapi berbagai terpaan, dan pastinya .. itu semua gak mudah..

        Seperti yang dialami cewek dalam crita ini. sepertinya dalam hidupnya jika galau hilang satu maka akan tumbuh seribu galau lagi yang tak terduga. Baginya menyebalkan! Tapi gak bisa dipungkiri juga kalo dari galau itu lah dia bisa memperlajari sesuatu yang kontekstual.
       
Pagi ini tampaknya ada yang bangun kesiangan..
        Kriiiiiiiiiiiiinggg... teriakan jam beker membuat mata seorang cewek imut sekejap terbuka ketika sedang asik dengan mimpinya. Jam menunjukkan pukul 5 pagi. ia bangun lalu solat subuh. Namun apa yang terjadi. Gak ada lima menit setelah solat, ia kembali lagi ke pulau kapuknya yang super nyaman itu. alias tidur lagi.. , dan ia kemudian bener2 bangun ketika jam udah menujukkan setengah tujuh kurang lima menit.
        Melihat itu, si feli gelagapan. Jelas lah.. hari ini pasti terlambat. Mengingat pagi ini papa nya tidak bisa mengantar karena mobil lagi ngadat dan sedang asik menginap di bengkel. Dia harus naik metromini. Sungguh hal yang luput dari pikirannya. Dengan cepat ia menyambar handuk, tidak ada lima menit ia selesai mandi. , jam tujuh kurang 15 ia keluar rumah.
        Kurang satu menit bel masuk udah berbunyi dan feli datang tepat pada saat itu. untung jarak rumah dan sekolah gak terlalu jauh. Makanya dia agak leda lede. Alis sante2.
        “pagi anak2. , sekarang tolong PR nya dikumpulkan. ,” perintah pak guru kepada murid2 dikelas nya feli.
Feli spontan langsung mengaduk-aduk tasnya, namun yang ia cari malah gak ketemu2. Ia langsung berdebar-debar. Jangan2 PR nya ketinggalan.
        “ha??” teriak feli spontan ketika menyadari bahwa ternyata buku-buku yang ada ditasnya adalah buku jadwal kemarin. dan yang untuk hari ini dia belum mempersiapkannya. Jelas PR itu gak ada di tasnya. Pikiran takut dimarahi pak guru langsung menghantui feli.
        “kenapa feli?” tanya pak guru yang terkejut mendengan teriakannya feli tadi.
        Feli bingung. Apa harus jujur? , ya! Karena ia gak punya pilihan lain.
        “PR saya ketinggalan pak..”
        “kenapa bisa ketinggalan? ,, kog gak hidung mu aja yang ketinggalan?” perkataan pak guru itu langsung disambut ngikik anak sekelas.
        “karena aku lupa ganti buku kemarin dengan buku hari ini pak. Jadi sekarang yang aku bawa jadwal pelajaran yang kemarin.” jawabnya polos dan berusaha tampak tidak berdosa. Dengan harapan dosennya memberi belas kasihan padanya. Asas manfaat!
        “kamu itu. gak pernah gak lupa. Selalu lupa. Kapan kamu berubah? Tapi sudahlah. . percuma bapak menceramahi kamu. paling besok kambuh lagi. tapi tetap kamu harus dihukum. Istirahat pertama nanti kamu temui bapak dikantor. Kamu saya kasih tugas meresum 2 bab”
        “apa? 2 bab??”
        “kenapa? Kurang banyak???”
        “oh gak pak.. iya nanti saya kesana” segera feli menyelesaikan percakapan ini agar hukumannya tidak ditambah. Sungguh cara mengawali pagi yang galau.

        “kamu kenapa lagi sih fel? Pasti bangun kesiangan lagi kan? Berubah donk...” kata putri temen sebangku feli.
        “iya tadi aku habis subuh tidur lagi. dan bangun jam setengah tujuh”
        “kamu berubah donk..”
        “susah put.. , aku juga bingung kenapa kog aku suka banget tidur. Dan pelupa..huh!”
        “kamu gak sungguh2 berubah sih.. , kalo sungguh2. Apa sih yang gak bisa? .. ayolah semangat!”
        “iya deh. aku akan berusaha lebih semangat sekarang.”
        “semangat”
        Bagi feli, kadang sedih juga jika sadar ingat tentang sifat pelupanya yang sering bikin galau. Lagi2 ia kena hukuman dari pak edi. Merangkum 2 bab yang materinya banyak2 bukanlah hukuman yang mudah. Pastilah bisa bikin tangan keriting. Huh! . apalagi harus dikumpulin besok pagi. PR pelajaran yang lain juga numpuk. Haduuh! Inilah kegalauan anak sekolah. Sungguh penuh dengan lika liku..
        Pulangnya, feli dan putri berjalan sama-sama menuju halte untuk menunggu bus yang ditumpanginya. Ketika tinggal beberapa langkah. Feli melihat gebetan nya. Dia rian, bintang basket sekolah. Pastinya cakep . dan bisa dipastikan semua cewek di sekolahnya feli pada kesengsem ama si rian. Termasuk si feli. Dari kelas satu dia udah naksir rian.
        Hati feli langsung dag dig dug gak jelas ketika melihat paras cool nya rian. Dia sampe menghentikan langkahnya demi memperhatikan cowok itu dengan lebih jelas. Konyol! . si rian lagi nongkrong ama temen2 nya di deket halte.
        “heh. Jangan ngelamun. Ayo ke halte, ntar ketinggalan bus lho. Tuh bus udah keliatan” kata putri memecah lamunan feli
        Akhirnya putri berhasil menyadarkan feli yang lagi gila karena rian. Walopun awalnya feli gak rela cepet2 pulang karen masih ingin memandang rian dengan seksama. Tapi dengan segenap usaha putri. Akhirnya feli mengalah dan segera pulang.


Cerita remaja | brand new day


        Pulang sekolah, seperti biasa. Setelah berganti pakaian dan mencuci tangan. Segera feli menuju dapur untuk makan siang. Mama udah ada didapur untuk menyambut anak semata wayangnya itu.
        “gimana hari ini kamu disekolah fel?” tanya sang mama
        “baik ma.” Feli menjawab singkat. Padahal ada crita memalukan tentang dia dihukum karena sifat pelupanya. Tapi ia enggan cerita karena ntar ujung2 nya mama nya akan ngomel hingga buat feli gak selera makan.
        “maaf ya kamu beberapa hari ini harus naik bus. Mobil papa sekarang masih di bengkel”
        “gak pa pa ma. Lagian asik kog naik bis. Anak yang naik bus banyak. Rame, sahabatku juga naik bus. Jadi aku sih oke2 aja kalo sekarang ke sekolah naik bus”
        “ya udah kalo gitu mama lebih bisa tenang”
        Setelah makan siang, feli segera menyelesaikan hukumannya dan segala PR-PR nya. Dari siang sampe malem bener-bener dia habiskan untuk mengerjakan hukuman dan PR. Dan akhirnya pada jam 9-an semua itu bisa dia selesaikan. Dengan akhiran dia meregangkan ototnya. Feli beranjak ke KM untuk pipis sebelum tidur. Malam itu dia tidur dengan badan yang begitu lelah. Membuat tidurnya semakin nyenyak.


Cerita remaja


        Keesokan harinya. Feli udah gak terlambat dan lupa ganti buku lagi.karena saran dari putri. Sekarang feli lebih semangat. seperti biasa. Pagi ini dia menunggu bus terlebih dahulu. Lalu gak sengaja tiba-tiba di sebelahnya mucul si adam. Temen sekelasnya waktu SMP. Dan masih satu SMA tapi beda kelas.
        “hei feli cengeng. Tumben naik bis..” goda adam menyebalkan seperti biasa ketika ketemu feli. Dari dulu itu anak selalu godain feli. Apalagi ketika feli kepergok adam lagi nangis-nangis sendirian gara2 di putusin pacarnya waktu SMP. Si adam makin punya motif untuk mengejek.
        “trus kenapa? Masalah buat lo?” jawab feli bete.
        “masalah donk”
        “apa masalahnya?”
        “masalahnya kamu telah mengobrak-ngabrik hatiku.. wkwkwkkwk”
        “gak lucu..” tukas feli pedas. Membuat adam makin ngakak karena ekspresi muka feli yang baginya aneh dan patut di tertawakan. Hahaha.
        Ketika bus datang. Mereka berdua sama2 naik. Karena penuh. Jadi feli berdiri dan adam juga berdiri tepat di belakang feli. Ngebuat feli jadi tambah gak nyaman. Karena sikon yang desak-desakan kayak gini. gak jarang juga karena rem bis yang mendadak, adam jadi menubruk feli. Dan adam langsung melontarkan kata maaf yang teramat sangat tidak serius disusul dengan tawa tertahan. Dasar konyol!
       
Besambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar