Jumat, 07 September 2012

cerita remaja | siapa yang mau ngerti 4


Siapa yang mau ngerti? “4”
Oleh: Aminatur Rohmah

        Setelah insiden penenangan batin yang dilakukan Ari terhadap Ara, sekarang suasana hati Ara udah rada tenang. Dan udah mulai gampang tersenyum lagi. tapi siapa sangka beberapa hari berikutnya, Ara kembali kecewa lagi.


        Karena kalo malam Ara hampir gak pernah belajar kecuali kalo ada responsi ato ujian. Iseng cewek itu buka facebook. Karena udah berhari-hari juga dia gak ol. Judulnya atas nama “sibuk”. Baru inget kalo dia kan pernah di kasih alamat facebooknya Ari. Kemudian tanpa pikir panjang Ara nge-add Ari. Kemudian di lihat-lihatnya profil pada kronologi facebook Ari. Saat itulah kecewanya mulai datang lagi dan membuatnya agak sedih.
        Ketika bertemu dan ngobrol-ngobrol, mereka emang gak pernah menyinggung soal agama. Mungkin karena gak kepikiran. Setelah melihat info nya Ari, sekarang Ara tau kalo ternyata mereka beda agama. Jelas Ara agak sedih. Dari dulu dia sudah di wanti-wanti neneknya jangan sampai punya hubungan dekat ato pacaran ato nikah dengan cowok yang beda agama. Walopun belum tentu Ara kelak akan mencintai Ari mengingat perasaannya masih terlalu dini untuk menentukan. Ara gak mau menyepelekan nasehat neneknya yang udah Almarhumah. Sang ortu juga melarangnya.
        Tentu saja Ara jadi merasa gimana gitu. Galau, mungkin iya. Dia merasa Ari itu orang yang paling mengertinya. Liat aja! disaat semua pada sibuk dan gak peduli pada derita hatinya. Ari lah yang muncul tiba-tiba sebagai seseorang yang menenangkannya. Dengan mata teduh dan ucapannya yang terlihat dewasa. Gimana mungkin Ara gak tersentuh?. Dia merasa Cuma Ari yang ngerti dia. Dan ada gelenyar nyeri jika dia mengekang hatinya agar hanya sebagai temen aja dengan Ari. Bayangkan aja!. Ini gak mudah.
        Malam itu, Ara menutup hari dengan kegelisahan.


Cerpen Karya Anak Negeri


Jumat malem..
“heh.. ngelamunin apa hayo?” sapa Wulan temen SMA nya sekaligus tetangganya Ara. Malam ini Ara lagi maen kerumahnya Wulan. Wulan baru dirumah kalo sore dan malem. Karena pagi sampe siangnya kerja.
“oh..” baru Ara tersadar “lagi nglamunin Junior Liem nih, dia udah punya pacar belum ya? Hehe” jawab nya ngasal.
“kamu tuh, kayaknya dari kemarin galau mulu tentang artis. Mengherankan. Kenapa sih? Apa ini ada hubungannya ama ortu?”
“tentang ortu iya sih. Tapi ada hal laen lan.. “
“apa tuh? Crita donk... , udah berhari-hari lho aku gak denger crita terbaru kamu, dan sori juga ya Ra kemarin-kemarin aku terkesan sibuk. Kerjaan emang lagi numpuk” jawab Wulan.
“he’em aku paham kog. ,Lan.. menurutmu,, kalo kita suka ama cowok yang beda agama gimana? Sedangkan keluarga melarang kita punya hubungan serius dengan cowok itu”
“kalo sekedar suka sih gak pa pa.. , tapi lebih baik hindari hubungan yang serius. Karena ntar akan mengecewakan keluarga, dan sukur-sukur kalo tuh cowok mau pindah agama” kata Wulan cukup bijak.
“tapi bagaimana kalo Cuma dia satu-satunya cowok yang asik, bisa nrima kita apa adanya, ngertiin kita, bukankah pasti akan sakit untuk melepasnya?”
“pasti sakit Ra, tapi apa yang membuat kamu berpikir bahwa hanya dia satu-satunya? , Tuhan menciptakan banyak orang disekitar kita, kalo emang bener-bener gak bisa ma dia, carilah orang lain. Ada kemungkinan bisa menemukannya jika tak mau menyerah”
“tapi mencari dan menemukan itu gak mudah. Seperti petualangan. Ditambah aku bukan si Bolang. Hehe.. ,, Lan.. gak mudah.. beneran deh. sangat melelahkan.. , dia yang datang menghampiri hidupku duluan, bagaimana mungkin aku bisa gak dekat dengan dia. Kadang rasanya gak adil. Ketika aku menemukan sosok baik yang sesuai hatiku, malah kayak gini. Menurutku jahat jika hanya karena perbedaan, aku gak bisa meraih kebahagiaan yang selama ini kucari.”
“Ra, hidup dan cinta emang kadang rumit.. tapi, aku yakin.. semua yang terjadi sekarang, cepat ato lambat.. waktu akan menjawabnya. , btw.. kamu punya gebetan baru nih?”
“iya Lan.. , dia baik. Seperti yang aku bilang tadi. ketemu di pelataran Masjid Baiturrahman. Dia yang nyapa duluan. Baru kali ini ada cowok yang mau nyapa aku duluan. Dia juga orang pertama yang menyeka air mataku saat aku sedih gara-gara pertengkaran ortuku. Dia pula yang berusaha mengukir senyumku. Dia menyakinkanku bahwa aku tak harus menghadapi semua ini sendiri karena ada dia. Emang sih aku belum lama kenal dia. Tapi gak tau napa, hatiku bilang dia baik dan bisa di andalkan. Rasanya kalo Cuma temen, sayang! , soalnya orangnya tinggi, putih, manis.. hehe..” kata Ara serius namun ujung-ujungnya ngelantur juga.
“jadi yang utama mana nih? Penampilan ato sikap?”
“dua-dua nya boleh kan?” jawab Ara sambil nyengir.
“boleh kog..”
Kemana ya arah pembicaraan ini? .. mungkin itu efek dari sosok yang udah frustasi. Haha. Jadi gampang ngaco dan ngelantur kemana-mana. Intinya... Ara masih bingung.. memutuskan apakah Cuma temen ama Ari ato bisa lebih. Menurutnya ini pilihan yang gak mudah. Karena saat ini, hanya Ari yang mengisi benaknya. Bayang-bayang cowok itu selalu berhasil membuat Ara merasa mules dan kadang malah dagdigdug gak jelas. Huh! Kalo udah menyangkut cinta, emang pasti bakal rumit.
        Sampai pada malam itu, Ara masih tak menemukan jawabannya.


Cerpen Karya Anak Negeri


        Tak bisa di pungkiri, semakin hari Ara semakin dekat dengan Ari. Keduanya emang cocok. Walopun dominan Ari yang selalu tampil dewasa. Seakan cowok itu gak punya masalah. Beda banget ama Ara yang rasanya hidupnya penuh dengan intrik persoalan. Ara selalu tampak gampang bimbang dan Ari tak pernah tak terlihat tenang. Ya, cowok itu emang sosok yang tenang. Ara menangkap sesuatu, bahwa dalam cinta emang akan indah jika saling melengkapi.
        Tapi.. cinta? Apa mungkin Ara berani membiarkan perasaannya sampai ke level C.I.N.T.A? dia selalu ingat dengan perbedaan itu.. kadang ia bingung. Kenapa harus seperti ini? yang dia tau, bukankah dalam agama itu gak ada perbedaan? Karena Tuhan kita satu..
        Mungkin Ara gak banyak ngerti tentang ilmu-ilmu di dunia ini. tapi itulah yang dirasakan hatinya. Gak seharusnya perbedaan dapat menciptakan jurang pemisah baginya untuk mencapai kebahagiaan. Dan lagi.. baginya cinta = rumit.
        Dibiarkannya perasaan itu dengan segala kerumitannya. Karena dia tau, pasti akan ada jawabannya. Dia masih punya Tuhan yang selalu mengawasi dan sangat mengetahui kisahnya. Suatu saat! Dia yakin akan ada titik terang untuk semua ini.
        Baginya.. biarlah ini mengalir apa adanya..
Ari pun tak pernah lepas dari bayang-bayangnya.  Setiap membuka facebook, Ara tak pernah lupa untuk menyempatkan waktu mengunjungi kronologi cowok itu. disitu masih terlihat jelas bukti perbedaan di antara mereka. Ara masih membiarkannya.

Dua bulan kemudian...
        Sore itu hujan cukup lebat. kini musim tlah berganti. Ketika Ara sedang berjalan-jalan di Taman KB sepulang kuliah. Tiba-tiba hujan yang lumayan deras tak bisa terelakkan lagi. karena lupa bawa payung, Ia segera mencari tempat berteduh.
        Tak jauh dari tempat Ara berteduh, tengah berdiri cowok yang juga tampaknya lagi melindungi diri dari hujan yang kian deras. Setelah Ia menghentikan motornya di tepi trotoar, ia segera masuk ke trotoar yang beratap dan tatapannya terhenti ketika melihat sosok cewek yang lagi memakai jaket warna oranye.
“Ara” sapa cowok itu ketika sudah sampai disebelah Ara.
Ara segera sadar dari dunia lamunannya. Heran! Napa nih cewek doyan banget ngelamun ea? ,,
“Ari?? ,,” jawab Ara kaget, gak nyangka akan ketemu Ari di situasi dan kondisi seperti ini. batinnya kayak di pilem-pilem aja. :D
“kamu sendirian?” tanya Ari
“iya.. kamu juga?”
“iya nih.. , habis kul?”
“he-eh.. , kamu kenapa lewat sini Ri?” gak tau kenapa, jantung Ara jadi deg-deg an gak jelas.
“rencana nya mo jalan-jalan. Eh ternyata nyampe sini hujan. Jadi ngiup dulu deh. kenapa habis kul kamu gak langsung pulang?”
“kamu pasti udah tau jawabannya kan? , . tapi aku juga pengen jalan-jalan sih.” Jawab Ara sambil sekilas melirik Ari, dalam hati Ia berdoa moga gak terlihat deg-degan ato gimana.
“em.. , Ra..?” panggil cowok itu lembut.
Ara sedikit terkejut.. , satu detik kemudian Ia menoleh ke arah Ari yang tengah menatapnya lekat-lekat.
“kamu gak pa pa kan?” tanya Ari tiba-tiba.
“pertanyaan apa itu Ri? ,ya pasti gak pa pa lah. Walopun aku tau punya keluarga bobrok, tapi karna terbiasa jadi.. bisa dikatakan udah terlatih gitu deh. emang aku keliatan menyedihkan ya?”
“gak kog, kamu udah keliatan lebih tegar. Hanya saja, aku khawatir kalo di dalam sebenernya kamu tersiksa.. tapi aku yakin, kamu tegar beneran..” kata cowok itu buru-buru.
Yang disebelah tersenyum tipis sambil membatin kog kayaknya hari ini Ari keliatan grogi gitu sih? Jangan-jangan... gak gak.. jangan asal menyimpulkan.. segera Ara menepis khayalan aneh-anehnya.
        Menit demi menit berlalu.. selebihnya Ara menikmati saat hujan dengan diam. Dia tak ingin banyak terlibat pembicaraan dengan Ari. Sampai lama-lama ia merenung. Kepikiran ortunya, kangen Nenek, kangen Kak Rina, perbedaan, kesepian, de el el yang sebagai penghias hidupnya selama ini. hingga tak menyadari hujan udah mereda. Tinggal menyisakan titik-titik air.
“Ra?” sapa Ari lagi. dia merasakan sesuatu yang gak bisa dia deskripsikan sendiri.
Karena Ara masih bergeming, di panggilnya sekali lagi sambil menepuk lembut bahu Ara. “Ra?”
“ya?” spontan Ara sadar. Dan tatapannya langsung terarah lurus ke mata Ari yang juga tengah menatapnya. Segera Ara memalingkan wajahnya. “o udah reda ya? ,, . sejak kapan?”
“udah sekitar lima menit.. , kamu mau aku antar pulang?” tawar Ari.
“ngg.. gak deh Ri, aku mau pulang sendiri aja. Aku duluan ya?” Ara berlalu.
        Ari hanya bisa terdiam menatap kepergian Ara. Entah kenapa hari ini dirinya merasa begitu melo. Hanya diam aja menatap kepergian cewek yang udah berminggu-minggu mengunjungi mimpinya. Efek jatuh cinta emang aneh-aneh..
Lalu, terdengar syair sederhana namun menyentuh nya WALI – SAYANG LAHIR BATIN  sebagai iringan keterdiaman Ari menatap berlalunya Ara yang masih bisa dilihatnya.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar